Tuesday, March 28, 2017

Pemandian Kalireco Lawang Malang

Jika biasanya saya berburu sumber air di sekitar Klaten, kali ini berhubung ada hari libur beberapa hari saya berkesempatan mencari sumber air yang letaknya lebih jauh. Malang, terutama Kota Batu merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal di Jawa Timur. Setiap liburan sekolah di sana selalu dipenuhi oleh anak-anak yang sedang berwisata. Jika Jatim Park adalah salah satu tempat wisata yang sudah banyak yang tau, kali ini saya mencari tempat alternatif yang tidak kalah menarik.

Pemandian Kalireco sebenarnya bukanlah tempat wisata. Tempat tersebut lebih cocok disebut pemandian desa yang biasa dimanfaatkan warga sekitar untuk mandi dan mencuci. Keberadaannya jadi terkenal karena foto-foto dan juga videonya banyak beredar di internet. Penulis sebenarnya sudah mengetahui keberadaanya sudah lama, bahkan sekitar bulan september tahun kemarin sempat kesana untuk mencari lokasinya walaupun tidak ketemu.


pemandian kalireco dilihat dari sebelah lapangan
Pemandian kalireco dilihat dari sebelah lapangan. Ada sapi juga kelihatan pantatnya saja.

Jika Anda ingin kesana boleh saja, tapi karena bukan tempat wisata maka jangan terlalu mengharapkan macam-macam. Di sana tidak ada tempat parkir yang luas, jalan yang bagus menuju lokasi dan juga papan penujuk agar tidak tersesat. Anda bisa memanfaatkan gps untuk menuju ke sana atau tanya warga sekitar. Tempatnya tersembunyi, susah dicari dan jalannya sempit serta menurun, hanya sepeda motor yang bisa sampai lokasi. Jika memakai mobil harus berjalan cukup jauh. Tempat ini lebih direkomendasikan buat laki-laki dan anak-anak. Anda tidak akan menemukan loker dan juga kamar ganti di sini. Jika mau ganti pakaian cukup simpel saja, lakukanlah seperti anak-anak. Jika membawa baramg bawaan simpan di dalam tas baik-baik, bukannya ada pencuri, tapi takut kalau tertukar. Pengalaman saya disana celana pendek yang tak lepas sempat tertukar dan dipakai oleh salah seorang anak walaupun akhirnya sadar dan dilepas kembali. Sungguh jadi pengalaman menggelikan.

Tempat ini saat saya di sana cukup ramai, mungkin karena hari libur. Pengunjung kebanyakan anak-anak muda yang suka foto-foto pakai hp yang dibungkus plastik, atau bawa kamera aksi. Ada juga anak-anak sekitar yang bermain air di sana. Jika ke sana Anda tidak perlu membawa pakaian renang yang aneh-aneh. Cukup pakai celana pendek atau celana dalam saja. Jika ikutan telanjang seperti anak-anak sekitar juga boleh. Tempat ini mungkin berkesan buat adik, keponakan atau anak Anda, sebagai alternatif kalau biasanya berenang di waterboom modern. Mereka bisa merasakan bermain di tempat yang lebih alami, bahkan bisa berinteraksi dengan anak sekitar. Pesan saya jangan merusak atau mengotori tempat ini khusunya, juga alam pada umumnya. Kerusakan alam mungkin akan mematikan sumber-sumber air semacam ini. Kasihan anak cucu kita jika mereka tidak dapat lagi bermain bebas di sumber air alami semacam ini.



pemandian kalireco

pemandian kalireco
Anak-anak sekitar bermain riang di sini. Celana saya yang berwarna merah saya pindah kesitu karena tertukar sama punya salah satu anak. Untung saja dia sadar dan nggak jadi dibawa kabur.



pemandian kalireco

pemandian kalireco

pemandian kalireco
Ada mas mas yang sibuk foto-foto entak pakai gaya apa itu. Ada anak yang cuma lihat saja. Ada anak yang main bola. Ada juga yang mandi di pancuram..



anak telanjang

anak telanjang
Begitu indahnya dunia anak-anak. Begitu simpel, cukup pakai celana dalam dan bermain air sepuasnya. Sayang ditempat kelahiran penulis dulu tidak ada sumber air semacam ini. 

Link video di Youtube :
  1. https://www.youtube.com/watch?v=46yvRb8njPQ&t=83s 
  2. https://www.youtube.com/watch?v=dnwFaRo3HBc
  3. https://www.youtube.com/watch?v=v_6mAtB00Wc

Link lokasi di google maps :
  1. https://www.google.co.id/maps/place/Pemandian+Kalireco/@-7.842711,112.701004,15z/data=!4m5!3m4!1s0x0:0x20832adb654d11!8m2!3d-7.8426153!4d112.7011006

No comments:

Post a Comment